Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Alamat: Jl. Semarang No. 5, Malang - Jawa Timur 65145 | email : s2por.pps@um.ac.id
Get Adobe Flash player

 

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (pasal 30, ayat 1 Peraturan Rektor no 20 th 2013).Prodi S2 POR UM dalam menyelenggarakan pendidikan menggunakan kurikulum terstruktur yang disusun berdasarkan standar KKNI.

 

Beban studi mahasiswa Prodi S2 POR UMsekurang-kurangnya 44 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS dan dijadwalkan untuk  ditempuh  paling lama sepuluh semester (Pedoman Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Edisi 2013). Kurikulum Prodi S2 POR UM telah diatur dan distandarkan berdasarkan Peraturan Rektor No. 20 th 2013. Pada pasal 33, peraturan itu menyebutkan bahwa Kurikulum Program Pendidikan Magister, berisi ketentuan sebagai berikut:

  • Program Pendidikan Akademik S2 POR UM merupakan lanjutan Program Pendidikan Akademik Sarjana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Kepelatihan, Pendidikan Rekreasi, Ilmu Keolahragaan, dan Kesehatan Olahraga.
  • Kurikulum Program Pendidikan S2 POR UM berisi muatan kegiatan kuliah, kegiatan akademik lainnya yang ekuivalen, dan tesis.
  • Komposisi kredit dalam kelompok MK Program Pendidikan Akademik S2 POR UM meliputi: (a)  Program perkuliahan termasuk mata kuliah wajib dan pilihan, penelusuran akademik dan interaksi akademik yang meliputi seminar, dan praktik pengalaman lapangan dengan beban sebesar 38 SKS, dan (b) Tesis  berbobot 6 SKS.
  • Komposisi satuan kredit semester Prodi S2 POR UM yang diakui mempertimbangkan linieritas keilmuan Program Magister yang telah ditempuh mahasiswa dengan ketentuan umum sebagai berikut: (a) linier dengan program studi di bawahnya apabila bidang studi utamanya serumpun atau merupakan cabang spesialisasi dari program studi sebelumnya; dan (b) tidak linier apabila bidang studi utamanya tidak serumpun atau bukan cabang spesialisasi dari program studi sebelumnya.
  • Struktur Kurikulum S2 POR UM terdiri atas mata kuliah wajib umum, mata kuliah dasar keahlian, matakuliah keahlian, dan tesis.
  • Struktur Kurikulum S2 POR UM dan komposisi satuan kredit semester kelompok mata kuliah Program Pendidikan Akademik Magister  diatur oleh Direktur Pascasarjana, Dekan, Ketua Jurusan, dan Koordinator Program Studi Pascasarjana (Peraturan Rektor No. 20 Tahun 2013 tentang Pedoman Pendidikan UM, Tahun Akademik 2013/2014).

Kurikulum Prodi S2 POR UM berisi muatan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya yang ekuivalen. Dengan demikian, komposisi satuan kredit semester dalam kelompok matakuliah Prodi S2 POR UM dengan total 41 SKS, meliputi:

  1. Matakuliah Umum (6 SKS)
  2. Matakuliah Dasar Keahlian (5 SKS)
  3. Matakuliah Keahlian (24 SKS)
  4. Tesis (6 SKS)

Khusus matakuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di semester tiga. Penulisan tesis, pembimbingnya dimulai pada semester tiga dibuktikan dengan surat tugas Direktur Pascasarjana UM.

Prodi S2 POR UM mensyaratkan pelaksanaan ujian komprehensif berbentuk ujian tertulis dan ujian lisan bagi mahasiswa. Ujian tertulis mencakup landasan pendidikan dan spesialisasi bidang studi. Ujian liasan adalah ditujukan untuk menilai kemampuan menilai logika, kemampuan bersintesis dan berargumentasi terkait dengan materi yang sudah di ajarkan selama masa perkuliahan. Dalam melakukan ujian komprehensif, mahasiswa terlebih dahulu diwajibkan mendaftarkan diri dengan mengisi formulir dengan mengisi formulir ujian yang disediakan oleh tata usaha Pascasarjana. Mahasiswa diwajibkan melampirkan fotokopi Kartu Hasil studi (KHS), fotokopi usulan penelitian tesis yang telah disetujui oleh Panitia Penilai Usulan Penelitian serta fotokopi bukti pembayaran SPP/BPP.