Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Alamat: Jl. Semarang No. 5, Malang - Jawa Timur 65145 | email : s2por.pps@um.ac.id
Get Adobe Flash player

Pendirian Jurusan pendidikan olahraga dimulai tahun akademik 1981/1982 pada Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FIP IKIP MALANG) membuka program Diploma Dua (D2) Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (ORKES). Jumlah Mahasiswa pada tahun tersebut 47 orang, yang dapat menyelesaikan studi 38 orang. Tujuan Program D2 adalah menghasilkan tenaga kependidikan olahraga dan Kesehatan yang berkualifikasi sebagai guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

.

Tahun akademik 1982/1983 Program D2 dikembangkan lagi menjadi Program Strata Satu (S-1) Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Kemudian pada tahun 1984, berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 107/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984, ditetapkan Program S-1 menjadi Program studi setara jurusan (PSSJ) Pendidikan Olahraga dibawah jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Untuk menyesuaikan dengan Undang-undang No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada tahun 1996, Program Studi Pendidikan Olahraga berubah menjadi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Hal itu didasarkan pada SK Dirjen Dikti Depdikbud No.246/DIKTI/Kep/96, tanggal 11 Juli 1996.

.

Dalam rangka Perluasan Mandat IKIP MALANG menjadi Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi mempunyai peran yang sangat strategis. Salahsatu syarat perluasan mandat tersebut, IKIP MALANG harus memiliki tiga kelompok program studi yang berbasis eksakta, sedangkan saat itu IKIP MALANG hanya memiliki dua program eksakta.Berdasarkan kajian ilmiah dan kefilsafatan, salahsatu program studi yang dapat memenuhi syarat sebagai program studi yang memiliki bidang keilmuan eksakta yakni Program Studi Ilmu Keolahragaan.Pada tahun 1999, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi diubah namanya menjadi Jurusan Ilmu Keolahragaan (JIK) yang berbasis bidang keilmuan eksakta. Pada tanggal 12 Mei 2000 turun SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 143/DIKTI/KEP/2000, yang menetapkan JIK berada dibawah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

.

Ilmu Keolahragaan merupakan lembaga Pendidikan yang sudah berumur 26 (dua puluh enam) tahun, waktu yang cukup memadai jika ditinjau dari kronologi dan kinerja yang dilakukan. Selama kurun waktu tersebut, Jurusan Ilmu Keolahragaan ditempa untuk menjadi lembaga yang unggul dan mampu menjadi rujukan dalam bidang ilmu keolahragaan. Dalam usia tersebut, JIK telah berkembang menjadi lembaga yang relatif mapan dalam tradisi dan iklim akademik untuk menyelenggarakan program-program Pendidikan termasuk layanan kepada mahasiswa dan program-program lainnya.

.

Pada tanggal 13 Maret 2008, Jurusan Ilmu Keolahragaan mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi untuk ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 846/D/T/2008. Fakultas Ilmu Keolahragaan terdiri atas dua jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Jurusan Ilmu Keolahragaan.

.

Setelah duapuluh tahun, dan telah menghasilkan lulusan yang tersebar diberbagai profesi dan kota, pada tahun 2009 mengusulkan untuk membuka program S2 Pendidikan Olahraga. Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No: 432/E/O/2013 tanggal 27 September 2013 disetujui untuk membuka program S2 Pendidikan Olahraga pada Pascasarjana UM.